Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru. Kreativitas merupakan kemampuan yang tidak hanya dapat memberikan manfaat bagi orang lain, namun juga dapat menjadikan pribadi yang lebih unggul. Tingkat kreativitas setiap orang tentu berbeda-beda bergantung pada keahlian bidangnya, hal inilah yang menjadikan banyak produk-produk yang berbeda. (https://brainly.co.id/tugas/14855034)
Kalangan orangtua dan guru harus memahami begitu pentingnya kreativitas itu bagi pertumbuhan anak dan siswanya, apakah pada saat masih tumbuh di sekolah ataupun ketika sudah mulai memasuki lapangan kerja nantinya. Karena kreativitas ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir yang lebih komprehensif, apakah ketika mencari solusi ataupun ketika mencari hal baru.
Kreativitas anak dan siswa sekolah merupakan hal yang sangat penting untuk diri mereka sendiri ataupun menumbuhkembangkan kemajuan dan inovasi di lingkungan masyarakat nant. Oleh karena itu sangat diperlukan langkah-langkah pengembangan kreativitas bagi anak dan siswa sekolah. Tentunya model pengembangan kreativitas ini sangat beragam sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
Pengembangan kreativitas anak dan siswa sekolah dengan multimedia mobile android Smart Apps Creator (SAC) merupakan pendekatan dengan memanfaatkan perangkat Smart Apps Creator (SAC) untuk membuat aplikasi-aplikasi multimedia berbasis mobile android dengan sistematis, cepat, mudah dan tanpa programming.
Anak dan siswa sekolah akan terbiasa menyusun objek-objek sebagai konten, apakah video, audio, teks, gambar, animasi, web service ke dalam aplikasi SAC yang sedang dikembangkan, serta juga menambahkan skenari-skenario dari objek yang diinginkan. Dan akhirnya mereka bisa membuat aplikasi mobile android dengan mudah. Aplikasi yang dikembangkan tentunya akan sangat beragam, seperti bidang olahraga, kesenian, wisata, cerita, biologi, kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dsb.
Dengan pendekatan pengembangan kreatifitas ini.
- Anak dan siswa sekolah dapat membangun informasi dan pengetahuan secara sistematis
- Anak dan siswa sekolah dapat merangkai berbagai konten untuk menjadi sebuah aplikasi yang utuh
- Anak dan siswa sekolah dapat mencari hal-hal baru untuk dirangkai dengan skenario yang beragam
- Anak dan siswa sekolah dapat merancang bangun aplikasi multimedia yang menarik dan interaktif
- Anak dan siswa sekolah dapat menjadi bagian untuk membangun kelompok dan sekolah yang penuh kreativitas